Senin, 25 Januari 2016

Pengertian Domain Name Service (DNS)

Domain Name Service (DNS)
DNS merupakan sebuah sistem yang dikembangkan untuk mengelola penamaan suatu komputer , pelayanan ataupun sumber daya di jaringan yang di susun secara hirarki dengan terdistribusi. DNS digunakan untuk mengaitkan antara alamat IP suatu server dengan nama domain dalam format FQDN(Fully Qualified Domain Name).FQDN di sini merupakan nama domain lengkap untuk suatu komputer dalam jaringan , mulai dari nama host untuk komputer itu , organisasi atau perusahaan tempat komputer itu berada , hingga top level domain (TLD).



Penamaan secara hirarki digunakan untuk menunjukan tingkatan antara sumber daya tersebut.Ada yang digunakan untuk meyatakan komputer per-orangan organisasi ataupun top level domain tekno.kompas.com dapat diketahui bahwa komputer hostnya adalah domain tekno , kompas adalah domain yang menunjukan organisasi atau perusahaan nya sedangkan .com sebagai TLD nya atau top level domain.

TLD merupakan turunan pertama dari root domain, yang digunakan untuk menunjukan letak geografis , jenis organisasi , ataupun fungsinya . Contohnya "id" adalah tld yang digunakan untuk menunjukan bahawa FDDN komputer yang mengandung domain tersebut berada di indonesia sedangkan ".edu" adalah TLD yang menunjukan sebuah komputer yang menyediakan informasi terkait dengan pendidikan (education)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar